Beberapa tinjauan dan komentar tentang buku Pada Suatu Foto: Cerita dan Filosofi dalam Fotografi:


“Mantap, sangat amat mantap, bagaikan tiada lagi yang lebih mantap.”

— SENO GUMIRA AJIDARMA


“Beda dengan buku karya para juru foto yang mengandalkan idiom satu foto setara seribu kata, Rey memberikan cerita dan filosofi di balik fotografi. Dan kelebihan Rey ia pandai bertutur dengan kata-kata, seindah karya visualnya.”

— ADI SENO, OutdoorCafeIndonesia.com


“Mantap tulisannya.. detail.”

— DHANANG DHAVE ‏@DhaVers (via Twitter)


“…sumbangan bagi diskursus fotografi Indonesia. Selamat.”

— TUBAGUS P. SVARAJATI ‏@svarajati_yes (via Twitter)


“… penuh dengan pemikiran dan pengetahuan baru buat saya. Saya mau tanya, mengapa foto sampulnya dipilih yang seperti itu? Kesan pertama saya sebelum membaca, rasanya sendu, suram, terlalu sederhana. Setelah saya membaca sebagian (isi buku), saya juga belum tahu imajinasi apa yang ingin dimunculkan. Kering, sendiri, mendung, dan merana. Padahal, esai-esai dalam buku ini mendorong semangat dan keingintahuan (untuk) mengupas lapisan visual sebuah foto.”

— SIMON ONGGO, fotografer satwa liar & perjalanan (via Facebook Messenger)


“Cukup sulit sekarang mencari buku teks foto berbahasa Indonesia yang bermutu. Mas Reynold Sumayku menuliskan buku yang cukup berat ini dengan bahasa yang sederhana dan mengalir, referensi-referensi teori dan textbook-nya cukup lengkap, memperlihatkan bagasi sang penulis yang banyak. Tidak banyak buku foto yang layak saya baca lebih dari sekali. Buku ini saya sudah selesai dua kali baca. Bukunya bagus sekali. Thanks sudah berbagi.”

— HARYANTO R. DEVCOM, fotografer profesional (via Facebook)


“… memang layak dibaca dan dikoleksi.”

— GALIH SEDAYU, Air Foto Network & Pustaka Fotografi Indonesia (via Facebook)


 “Membunyikan visual melalui petualangan kata-kata. Bernas dan dalam walaupun dirangkai dengan kutipan-kutipan. Berhulu dari meracik ratusan referensi, kemudian bermuara dalam satu bingkisan buku. Buku wajib, sangat-sangat penting dibaca.”

— DENI SUGANDI, pengajar dan praktisi fotografi (via Facebook)


“Seperti membaca Winnetou, tidak bisa berhenti, begitulah saya membaca buku yang satu ini. Sarat pengetahuan dengan rangkaian cerita menarik yang sulit dipotong. Selalu membuat saya ingin tahu lebih dan lebih.”

— DES SYAFRIZAL, fotografer profesional (via Facebook)


“Ini adalah sebuah buku tentang fotografi yang *terbaik* yang pernah saya baca.”

— FERRY ARDIANTO, fotografer profesional, pengajar fotografi (via Facebook)


kembali ke halaman utama