Fotografer yang sekaligus editor foto dan penulis dengan pengalaman 20 tahun bekerja untuk media massa menyusun 19 esai dalam satu buku. Membahas aneka cerita dan filosofi dalam dunia fotografi, kunci dalam seni melihat, hingga analisis semiotika dan ihwal visual literacy. Merenungkan kembali hakikat dan semangat yang membentuk seni foto, foto jurnalistik, fotografi jalanan, perjalanan, alam liar, esai foto, serta dokumenter dalam ledakan budaya visual Zaman Internet.

Seraya mengangkat foto-foto ikonis internasional, pemenang penghargaan, serta karya fotografer Indonesia, buku ini mendiskusikan foto sebagai suatu sistem penyuntingan visual, mengulasnya dengan kacamata ahli-ahli semiotika dan komunikasi seperti Jean Baudrillard, Umberto Eco, Roland Barthes, John Berger, maupun kritikus dan pengamat fotografi internasional. Mendiskusikan aneka model ekspresi fotografer dalam menggunakan penanda, metafora, hingga pertemuan antara realitas, hiperealitas, dan imajinasi.

Dalam buku bacaan yang dilengkapi foto-foto hitam-putih ini, pada dasarnya Reynold menulis dengan pendekatan jurnalistik. Namun, seraya merayakan aneka genre dan perbedaan pemikiran dalam fotografi, penulisannya juga disertai analisis, opini, dan pengalaman pribadi di bagian-bagian tertentu. Ia mengusulkan buku ini sebagai bacaan fotografi yang lebih banyak di luar teknis—bersifat analisis dan filosofis.

kata kunci: pada suatu foto, buku, fotografi, analisis foto, wacana fotografi, komunikasi visual, semiotika foto, visual literacy, filosofi foto, fotografi jalanan, fotografi dokumenter, seni fotografi, seni melihat, fotografi jurnalistik, penyuntingan visual, ahli-ahli semiotika dan komunikasi, analisis semiotika foto jurnalistik, cerita dan filosofi foto, the art of seeing, media literacy, budaya visual, ekuivalen dan metafora dalam fotografi, realitas dan hiperealitas fotografi, penanda dan petanda dalam foto, aneka genre fotografi, spirit fotografi, memaknai foto dan pemaknaan karya fotografi


TINJAUAN

“Mantap, sangat amat mantap, bagaikan tiada lagi yang lebih mantap.”

— Seno Gumira Ajidarma


DATA & SPESIFIKASI

Judul: Pada Suatu Foto—Cerita dan Filosofi dalam Fotografi
Penulis: Reynold Sumayku
Penyuntingan Naskah: Anastasia Ika Wulandari
Cetakan pertama: September 2016
Ukuran: 14X20 cm
Jumlah halaman: xvi + 349 (total 365 hlm)
ISBN: 978-602-0872-80-3


halaman sampel