Otak Kiri, Otak Kanan: Tidak Lagi Berlaku

Pembaruan pada hari Rabu tanggal 17 Oktober 2018:

Semula, dalam artikel berjudul asli ‘Otak Kiri, Otak Kanan’, yang diset tanggalnya pada 19 Januari 2017 dalam laman ini, dibahas perumpamaan tentang arah, bahwa “pertanyaan tentang arah seperti itu ternyata sedikit banyak dapat mengungkapkan apakah orang yang kita tanyai cenderung berpikir secara visual atau verbal dan mengenai hal ini terdapat pula kaitannya dengan fotografi.”

Kemudian ditulis pula di sini bahwa “Otak kiri bersifat verbal. Kaitannya lebih erat dengan bahasa. Kepingan demi kepingan informasi dicerna secara analitis kemudian dirangkai untuk mendapatkan suatu informasi keseluruhan. Sedangkan otak bagian kanan bersifat visual. Melihat secara intuitif dan simultan—pertama-tama keseluruhan, baru menuju ke detail-detailnya.”

Di bagian lain: “Lalu bagaimana dengan pekerjaan penulis dan fotografer? Mungkinkah lebih bermanfaat jika seorang fotografer pada dasarnya adalah sosok yang dominan otak kanannya, sementara penulis lebih mudah bekerja apabila otak kirinya yang dominan?”

Profesor Roslan Yusni Hasan, populer sebagai Dokter Ryu Hasan, menerangkan di akun Twitter-nya pada tanggal 13 Oktober 2018 bahwa teori-teori mengenai “otak kiri atau otak kanan yang dominan” telah usang.

Dokter Ryu Hasan menjelaskan demikian: “Lima tahun lalu, majalah sains populer Live Science merilis hasil penelitian tentang otak kanan-kiri ini. Setelah peneliti menganalisis lebih dari 1.000 sampel otak, tidak ada bukti bahwa orang tertentu lebih dominan otak kiri atau kanannya.”

Dengan demikian, pengaruh dominannya otak kiri maupun otak kanan terhadap dominannya kemampuan seseorang, apalagi dalam bidang visual atau verbal (atau dicontohkan dengan kemampuan memotret atau menulis seperti yang tadinya ditulis di laman ini), dengan sendirinya tidak dapat digunakan.

—Reynold Sumayku


Catatan: Tulisan awal yang membahas fungsi dan cara kerja otak sebelah kiri dan otak sebelah kanan tadinya termasuk dalam buku Pada Suatu Foto, namun dihilangkan saat penyuntingan akhir. Dengan pembaruan pada 17 Oktober 2018, hal-hal mengenai “otak kiri-otak kanan” dalam laman ini juga dibatalkan, dikoreksi.

 

error: dibutuhkan izin untuk menyalin